Tips Memakai Lip Cream

5 April 2018


Mengenakan lip cream bertekstur matte tidaklah semudah yang dibayangkan. Karena memiliki tekstur creamy yang mudah menempel pada bibir, si pengguna harus amat berhati-hati saat mengaplikasikannya.

Agar terlihat cantik dan rapi, kamu harus mampu menyapukan lip cream sesuai dengan garis bibir. Jika tidak hati-hati, bisa saja lip cream malah berantakan dan membuat bentuk bibir jadi terlihat aneh.

Maka tidaklah mengherankan, kaum hawa membutuhkan waktu ekstra saat mengenakan lip cream bertekstur matte. Apakah kamu termasuk salah satu kaum hawaa yang sering merasa kesulitan dalam mengaplikasikan lip cream?

Nurul, penata rias senior dari Madame Gie berbagi tips jitu seputar cara penggunaan lip cream betekstur matte. Menurut Nurul, selama ini banyak perempuan yang salah memahami urutan mengenakan lip cream.

"Mulai pakai dari bagian yang paling atas dulu, jadi bagian tengahnya enggak usah diisi. Bikinin garis pakai ujung lip matte," jelas Nurul saat ditemui mahasiswa UIN di acara Bazaar Madame Gie di UIN, di UIN, Ciputat, Jumat (2/11/2018).

Jika merasa kurang piawai untuk menggaris bibir dengan menggunakan ujung kuas lip cream, kamu bisa coba membeli lip liner. Lip liner memiliki bentuk seperti pensil yang berujung runcing, jadi akan memudahkan kamu untuk menarik garis.

Membuat garis bibir sebelum menggunakan lip cream sesungguhnya bertujuan untuk menjaga kerapihan lip cream. Hal ini bisa diibaratkan sebagai buku mewarnai. Jika mewarnai lewat dari garis, hasilnya tentu tak akan terlihat indah, bukan?

"Garis semuanya sampai rata ke bawah, setelah udah ada garisnya, baru diisi tengahnya," sambung penata rias Puteri Indonesia ini. Pengisian bibir ini juga harus dimulai dari bibir atas terlebih dahulu, agar warna lip cream tampak lebih nyata.
"Karena pada bagian atas itu kan, bibir cenderung (memiliki warna ) lebih gelap dibanding yang bawah," alasan Nurul. "Perbandingannya, dua banding satu. Jadi dua kali oles atas, sekali oles yang bawah," pandunya sembari memberi contoh.

Hal ini penting untuk kamu pahami, agar warna lip cream bisa 'menyala' maksimal pada bibir. Jika mengenakan lip cream terlalu tipis pada bagian atas bibir (yang cenderung lebih gelap), maka warna lip cream bisa ikut berubah.
Dan setelah mengenakan lipstik, kebanyakan perempuan cenderung memiliki kebiasaan untuk mengatupkan bibir. Harapannya, hal ini bisa membuat lipstik jadi lebih rata dan cantik.

Namun tindakan ini justru tak dibutuhkan saat kamu mengenakan lip cream matte. "Enggak usah dikatup lagi karena dia matte. Itu cuma sugesti aja, biar rata," kata Nurul. "Fungsinya enggak ada sebenarnya," sambungnya lagi.

Hal ini dikarenakan tekstur lip cream yang berbentuk krim. Beberapa saat setelah diaplikasikan pada bibir, lip cream secara otomatis akan mengering dan menempel sempurna pada bibir kamu.

Jadi, tak usah mengatupkan bibir setelah mengaplikasikan lip cream matte, ya!